Rabu, Oktober 22, 2008

BERITA EKONOMI:Jual Rugi, Ford Motor


Detroit - Miliuner Kirk Kerkorian akhirnya menyerah, dan memilih menjual murah sahamnya di Ford Motor.

Kerkorian rugi sekitar 66% saat menjual sahamnya di Ford.Kerkorian melalui perusahaan investasinya, Trancindo Corp menjual 7,3 juta lembar saham dengan harga 2,43 dolar atau sekitar US$ 18 juta saja.

Ini adalah sebuah angka kerugian besar bagi investor legendaris berusia 91 tahun itu.Trancinda juga mengumumkan akan kembali melepas sisa sahamnya di Ford sebanyak 133.500.000 lembar saham yang setara dengan 6,09%.

Saham Ford sendiri langsung merosot 6,87% ke level 2,17 dolar ditengah pergerakan bursa yang melemah. Sejak awal tahun, Ford sudah kehilangan nilainya hingga 65%.Langkah Kerkorian ini mengejutkan analis dan investor karena dia telah menghabiskan sekitar US$ 1 miliar untuk membeli saham Ford pada awal tahun ini pada harga rata-rata 7,10 dolar.

Anak usaha Kerkorian, Trancinda sudah mulai menjual saham Ford sejak Senin hanya pada harga 2,43 dolar, atau berarti rugi hingga 66% dari harga yang dibayar pada awal.Namun Ford menyatakan bahwa mereka masih berkomitmen untuk meneruskan rencana restrukturisasi di bawah kepemimpinan Chief Executive, Alan Mulally yang kini sedang berjuang keras menyelamatkan salah satu ikon otomotif AS itu.

"Kami masih tetap yakin dan fokus pada rencana untuk mentransformasikan Ford menjadi sebuah perusahaan global yang ramping sehingga memberikan pertumbuhan laba untuk kita semua," jelas Ford dalam pernyataannya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (22/10/2008).

Keluarnya Kerkorian dari Ford Motor membuat investor semakin pesimistis tentang nasib industri otomotif. Para analis menyatakan bahwa pasar otomotif di AS dan Eropa sudah merosot tajam sejak April lalu, ketika Trancinda mulai membangun posisi di Ford."Siapa butuh langkah yang menjengkelkan dengan mencoba mengubah perusahaan yang sedang susah ditengah industri yang bermasalah dan ekonomi yang sedang melemah?" jelas Shelly Lombard, analis obligasi dari Gimme Credit.

"Ford telah kehilangan sumber likuiditas potensial, seseorang yang dapat menuliskan sebuah cek dalam jumlah beberapa miliar jika memutuhkan modal," tambah Lombard.Kerkorian menempati posisi ke-31 dalam daftar orang terkaya 2007 versi majalah Forbes. Kerkorian memiliki kekayaan setara dengan US$ 15 miliar.Saham Ford sudah merosot hingga 60% sejak Juni, ketika Kerkorian menaikkan kepemilikan sahamnya menjadi 6,5% dan menyatakan akan mendukung Ford dengan menambahkan modal.

Kerkorian sebelumnya juga telah membeli sekitar 10% saham di General Motors Corp."Ditengah kondisi perekonomian dan pasar terkini Trancinda melihat nilai yang unik dari industri gaming, hospitality serta migas, sehingga memutuskan untuk merelokasi pendanaan ke industri-industri ini," demikian pernyataan dari Trancinda.

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger