Jumat, Oktober 31, 2008

Membangun Fondasi Kekayaan

Orang kaya tidak bekerja demi uang, mereka tahu cara membuat uang bekerja untuk mereka.
Itulah dasar untuk menjadi seorang investor.
Semua investor belajar bagaimana membuat uang mereka bekerja keras untuk mereka.
Mulailah semua proses pembelajaran investasi Anda dengan mempersiapkan diri secara mental dan mengendalikan diri Anda sendiri...sebab hanya disitulah investasi itu terjadi.
Investasi pada dasarnya dimulai dan diakhiri dengan penguasaan diri sendiri.
Blog ini bukanlah tentang investasi
Blog ini tentang si Investor
Pelajaran-pelajaran investasi dari rencana saya untuk Anda adalah tentang persiapan mental yang diperlukan sebelum benar-benar mulai berinvestasi.
Pelajaran Investor 1
PILIHAN
Jika menyangkut masalah uang dan investasi, orang mempunyai berbagai alasan atau pilihan fundamental untuk investasi, yakni:
  1. Agar aman
  2. Agar nyaman, atau
  3. Agar kaya

Ketiga pilihan ini penting. Perbedaan dalam hidup seseorang terjadi ketika pilihan-pilihan hidup itu diprioritaskan. Kebanyakan orang mendapatkan uang dan pilihan-pilihan investasi mereka dalam urutan-urutan yang persis sama. Dengan kata lain, pilihan pertama mereka ketika sampai pada keputusan tentang uang adalah Keamanan. Itu sebabnya kebanyakan orang menjadikan keamanan pekerjaan sebagai prioritas tertinggi mereka, setelah itu lalu focus pada kenyamanan. Kebanyakan orang bermimpi jadi kaya, tapi itu bukan pilihan pertama mereka. Jika menjadi kaya mengganggu kenyamanan mereka atau membuat mereka merasa tidak aman, mereka akan melepaskan mimpi menjadi kaya.

Itu sebabnya begitu banyak orang menginginkan satu petunjuk investasi yang betul-betul jitu.

Orang-orang yang menjadikan keamanan dan kenyamanan pilihan pertama dan kedua mereka mencari cara-cara untuk kaya dengan cepat, gampang, bebas resiko, dan nyaman. Hanya segelintir orang menjadi kaya berkat satu investasi yang mujur, tapi sering sekali mereka kehilangan kekayaan itu lagi.

Setidak-tidaknya itulah pengalaman saya dengan uang. Saya merasa bahagia jika uang masuk dan sedih jika uang meninggalkan saya. Karena itu sekarang saya urutkan prioritas saya sebagai berikut:

  1. Menjadi Kaya
  2. Menjadi Nyaman
  3. Menjadi Aman

Bagaimana Anda mengurutkannya ? Adalah keputusan pribadi yang seharusnya dibuat sebelum mulai berinvestasi.

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger